Kue pisang hijau sebenarnya merupakan perpaduan antara kue dan es dalam penyajiannya. Popular juga dikenal dengan nama es pisang hijau atau es pisang ijo. Kue pisang hijau ini merupakan makanan khas dari daerah Sulawesi Selatan, terutama dari kota Makassar.

Beberapa tahun belakangan, es pisang hijau menjadi sangat popular dan banyak disukai karena rasa pisangnya yang legit dan esnya yang segar. Sehbuah peluang usaha kuliner baru yang tumbuh subur di kota-kota besar di seluruh Indonesia.

Memasuki bulan suci Ramadhan 1433 H tinggal beberapa hari lagi, kue pisang hijau ini bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif hidangan ringan pembuka puasa nanti. Puasa selain untuk memenuhi kewajiban agama, seringkali membawa makna tersendiri bagi kebersamaan keluarga. Bisa berkumpul bersama keluarga di saat berbuka puasa pasti membawa kesan mendalam, apalagi ditemani es pisang hijau hasil karya sendiri.

Cara membuat Kue Pisang Hijau

Bahan-bahan :

· 200 gram tepung beras
· 400 cc santan cair
· 50 cc santan kental
· 50 gram gula pasir
· 1/2 sendok teh garam
· 10 buah pisang, kukus, kupas
· 10 lembar daun suji
· 10 lembar daun pandan
· 50 cc air
Cara membuat :
Haluskan daun suji dan daun pandan. Lalu masukkan air, aduk rata, peras, saring, sisihkan. Campur tepung beras, santan cair, gula, garam, dan campuran air daun suji tadi. Aduk rata, lalu masak di atas api sedang sambil terus diaduk hingga kental dan matang. Kemudian angkat, dinginkan.
Ambil selembar daun pisang, olesi dengan 1 sendok teh santan kental, lalu letakkan 4 sendok makan adonan tadi di atasnya, tipiskan hingga 1/2 cm. Letakkan 1 buah pisang di atasnya, gulung hingga pisang terbungkus rata dengan adonan tadi. Lalu semat kedua ujung daun pisang dengan lidi. Ulangi hingga bahan habis. Kukus hingga matang, angkat, dinginkan. Lalu buka pembungkusnya, potong-potong, sajikan. Kue pisang hijau siap mengisi kebersamaan keluarga Anda. 

 

 

Sumber Rujukan:

kuenusantara.blogspot.com

resepmasakan.diketik.net